Profile Kamajaya Fm

PROFILE PT. RADIO KHARISMA KAMAJAYA
========================================



Nama Perusahaan : PT. RADIO KHARISMA KAMAJAYA
Nama Radio : RADIO KAMAJAYA FM
FORMAT : GENERAL

Alamat Perusahaan : Jl. Soekarno – Hatta No. 74 Trenggalek
Telepon : 0355 – 796398
Faximile : 0355 – 796398
E-mail : radiokamajaya@yahoo.co.id

Direktur Utama : Ir. Ali Mas’Uddin
Direktur Operasional : Ma’ruf
Manager Marketing : Amar Ma’ruf
Flexy : 0355 – 7733308
Hp : 081 3355 345 77

Frekwensi : 102,3
FORMAT SIARAN : Dangdut ( Hit, Koplo,Mix ) Campursari, Pop Indonesia

LATAR BELAKANG
Radio Kamajaya menyediakan media hiburan dan informasi bagi masyarakat Trenggalek. Karena sebelum radio ini berdiri, hiburan dan informasi yang bisa didapatkan masyarakat Kabupaten Trenggalek masih sangat kurang. Terutama hiburan dan informasi yang bersentuhan dengan pendengar lokal masih sangat kurang. Trenggalek yang dikelilingi gunung menjadikan wilayah ini tidak bisa menangkap siaran TV dan radio dari kota lain dengan baik. Radio Kamajaya diharapkan menjadi alternatif media yang memungkinkan masyarakat Trenggalek bisa memperoleh hiburan dan informasi yang bersifat local.

Kondisi Masyarakat
Sebagian besar masyarakat Trenggalek petani, pekerja industri kecil, pengrajin, nelayan, sekaligus masyarakat pelajar yang jumlahnya sangat besar.
Kabupaten Trenggalek yang memiliki luas wilayah lebih dari 1.000 km2 merupakan penghasil utama cengkeh, padi, jagung, ubi kayu dan kacang tanah. Masyarakat petani yang akses hiburannya relatif terbatas ini sangat membutuhkan radio sebagai media hiburan lokal yang portable sifatnya. Daya dukung pertanian, khususnya dari hasil cengkeh, terhadap perekonomian ini menjadi jaminan bagi setiap usaha yang ada di Trenggalek, karena masyarakat memiliki daya beli yang baik.
Trenggalek dengan populasi berjumlah 649.883 (Data BPS 2002), dengan sebagian penduduknya mempunyai anggota keluarga yang menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri, di mana rupiah yang dikirim tiap bulannya mencapai 23 M merupakan salah satu pasar yang sangat potensial.

Segmen Yang Dipilih
Radio Kharisma Kamajaya tidak hanya melayani segmen tertentu, tetapi multi segmen. Pemilahan segmen dilakukan program per program.
Sehingga dari Total Audiences yang ingin diraih, Radio Kamajaya membidik Segmen Pendengar atau Target Audience sebagai berikut :
Berdasarkan Geografis : Trenggalek, Ponorogo,Pacitan, Tulungagung, Blitar
Trenggalek : 50%
Tulungagung,Blitar :25% Ponorogo, Pacitan : 25 %
Berdasarkan Demografis :
: a. Usia 15 – 20 25%
21 – 35 50%
36 keatas 25%

b. Jenis Kelamin Pria 45%
Wanita 55%

c. Status Ekonomi
B. 10% Rp. 400 001 ke atas
C1 30% Rp. 300 001 – 400 000
C2 30% Rp. 200 001 – 300 000
D 30% Rp. 0 – 200 000

d. Agama Islam 90%
Lain – lain 10%

Menurut Pekerjaan
Profesional :
10 %
Karyawan Swasta :
30 %
PNS :
5 %

Pedagang/wiraswasta :
10 %

Wiraswasta bukan perdagangan :
20 %

Ibu Rumah Tangga :
15 %

Pelajar/Mahasiswa :
10 %





Proyeksi Pertumbuhan Segmen

Menurut data BPS Trenggalek, pertumbuhan penduduk Kabupaten Trenggalek rata-rata 1,5 sampai 2 %, dan ini diperkirakan bertahan sampai 10 tahun mendatang.
Sementara itu sektor industri rumah tangga di Trenggalek terus berkembang. Apalagi semangat pemerintahan Trenggalek saat ini adalah mengembangkan sektor home industri yang kini menjamur di berbagai desa dan kelurahan Trenggalek.
Di sisi lain pertumbuhan swalayan, toko grosir, dan retail di Trenggalek tumbuh pesat seiring dengan tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat pula.
Melihat kondisi dan perkiraan tersebut, maka kemungkinan besar trend masyarakat Trenggalek dalam 5 tahun ke depan adalah :
  • Makin sibuk karena volume pekerjaan tinggi dan pengangguran berkurang
  • Shopping menjadi Life Style
  • Daya beli meningkat.

Potensi Sosial – Budaya
    • Masyarakat Trenggalek sebagian besar adalah petani dan nelayan yang haus hiburan, dan konsumtif.
    • Kerukunan dan rasa solidaritas Masyarakat Trenggalek masih sangat tinggi.
Potensi Ekonomi :
    • Jumlah industri kecil di Kabupaten Trenggalek cukup potensial, seperti industri kripik tempe, alen-alen, tiwul instant yang mampu menyedot tenaga kerja lokal.
    • Jumlah Toko, Outlet, dan Retail sangat banyak, bahkan selama ini belum tersentuh distribusi produk secara maksimal.
    • Kabupaten Trenggalek adalah merupakan salah satu daerah penghasil cengkeh terbesar di Jawa Timur

Bidang Usaha :

  1. Event Organizer.
  2. Tim Spreading.
  3. Jasa penyelenggara kegiatan acara launching produk, sampling produk.
  4. Jasa penyelenggara kegiatan pesta pernikahan, ulang tahun, reuni sekolah/keluarga, perpisahan sekolah, dan lain-lain.
  5. Jasa pemasangan spanduk, umbul–umbul, baliho, penyebaran brosur, dan lain-lain.
  6. Produksi papan reklame (cetak, running text (digital)), baliho, spanduk, umbul-umbul dan lain-lain.

Succses Story :

  1. Jalan sehat Bodrex yang dilaksanakan di alon – alon Trenggalek yang disponsori Bodrex & Bodrex Migra dengan jumlah peserta 10.000 orang.
  2. Sepeda Sehat Bareng Hemaviton Stamina dengan jumlah peserta 8.000 orang.
  3. Jalan Sehat Pasutri Neo Hormoviton Hari Jadi Kota Trenggalek jumlah peserta 6.000 0rang.
  4. Pentas anak Bodrexyn, Wayang Kulit Oskadon dan Senam Bugar Hemaviton Jreng dan Senam Hemaviton Stamina Plus bareng Pegawai` Pemkab Trenggalek.
  5. Jalan Sehat Hemaviton C 1000 yang digelar di Trenggalek & Tulungagung.




Dokumentasi
Acara Jalan Sehat Bodrex

Senam Hemaviton


Pentas Kreasi Anak